Header Ads

Arah Kiblat Peta Bumi Datar

Arah Kiblat Peta Bumi Datar


Arah sholat atau kiblat termasuk hal yang cukup logis dalam 
pembuktian tanda-tanda bumi datar. Di artikel ini kami akan membahasnya. Pertama mari kita simak ayat Al-Quran yang memerintahkan arah kiblat.

surat-2-ayat-150

“Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah atas manusia pada kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut pada mereka dan takutlah kepada-Ku (saja). Dan agar kusempurnakan nikmat Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk.

Jika bumi berbentuk bola, bagaimana cara anda mehadap Masjidil Haram?

arah-sholat-bumi-globe

Dari ilustrasi gambar diatas bisa di simpulkan bahwa kita tidak akan pernah bisa menghadap kiblat. Jika asumsi menghadap kiblat adalah mengikuti lengkungan bumi, maka menghadap belakang pun menjadi menghadap kiblat juga (gambar sebelah kiri bawah). Apa ini yang di maksud oleh Al-Quran?

Menghadap kearah kiblat hanya bisa terjadi bila buminya datar

arah-sholat-bumi-datar

Akan terjadi asumsi arah derajat yang berbeda-beda jika kita menggunakan peta bumi bola. Hal ini menyebabkan terjadi kebingungan dan kerancuan kiblat. Kebingungan ini akan sangat terasa bila kita hendak menentukan arah kiblat dari Amerika Serikat, misalnya dari Canada. Berikut ini adalah contoh studi kasus yang kami ambil dari situs Qiblalocator.com.

qibla-locator-question

“Saya tinggal di Canada/USA, kok arah kiblatnya mengarah ke Timur laut (North-East), kalau di peta, Mekah itu kan arahnya tenggara (South-East) seperti gambar dibawah, jadi mana yang benar?”

qibla-locator-question-2

Sebenarnya apa yang Qiblalocator.com beritahukan tidak salah, bahwa bila dari Canada, arah Mekah akan mengarah ke Timur Laut. Karena Qiblalocator.com menggunakan asumsi peta bumi globe. Sementara si penanya menggunakan peta bumi globe yang di proyeksikan kedalam bentuk 2 dimensi.

Inilah yang kami maksud “dapat menimbulkan kebingungan”. Prinsip kiblat adalah tempat bertemunya arah kepala orang-orang yang bersembahyang. Sementara bila di proyeksikan dalam bumi bola, akan ada suatu situasi dimana bokong, bertemu bokong. Jika pada bumi bola arah timur laut dari Canada mengarah kiblat, maka menghadap barat daya pun adalah menghadap kiblat.

Berkebalikan dengan peta bumi globe, peta bumi datar justru lebih tepat dan tidak menimbulkan kebingungan dalam penentuan arah kiblat.

kanada-kiblat-peta-bumi-datar

Dari gambar diatas anda bisa melihat, bahwa bila anda sholat dari Canada, maka kiblat anda memang mengarah ke timur-laut dan ini adalah bukti nyata bahwa peta yang lebih akurat adalah peta bumi datar dan peta bumi datar tidak tepengaruh oleh lengkungan bumi.

Perlu kami ingatkan bahwa peta bumi bola yang dibuat oleh USGS, memiliki dasar peta bumi datar yang dibuat menjadi bumi bola dengan metode Azimuthal Equidistant, anda bisa melihat penjelasan detailnya pada artikel Flat Earth dan Dunia Penerbangan. Jadi arah kiblat peta bumi datar lah yang paling logis, akurat dan tidak akan menimbulkan kebingungan.

Buka juga :

Post a Comment

0 Comments