Header Ads

Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia

Cara Membuat Semur Jengkol 


Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia



Jengkol adalah jenis tumbuhan khas di kawasan Asia Tenggara. Bijinya yang beraroma "mantap" sangat digemari khususnya di Malaysia, Thailand, dan Indonesia dan digunakan sebagai bahan pangan. Jengkol sebagai bahan makanan bisa dimakan segar (tanpa dimasak) atau tanpa pengolahan maupun dengan diolah sebagai masakan. Jengkol bisa diolah menjadi masakan dengan berbagai macam jenis masakan yang cukup nikmat diluar baunya. Yang paling umum untuk mengolah jengkol sebagai masakan antara lain di rendang, digoreng, dan yang paling populer adalah di buat semur.




Diluar kekurangannya yang paling utama yaitu baunya yang khas, biji jengkol ternyata mengandung banyak manfaat yang cukup baik. Manfaat Jengkol didapat dari kandungan nutrisi nya, yaitu kandungan vitamin, asam jengkolat, mineral dan serat yang tinggi dan  baik untuk kesehatan tentunya dengan konsumsi terbatas. Manfaat jengkol selengkapnya bisa anda baca di Manfaat Mengkonsumsi Jengkol. Para pecinta jengkol hampir tidak peduli tentang aroma yang dihasilkan jengkol, meskipun bau tidak sedap namun jengkol memiliki penggemar yang tidak sedikit.



Nah jika anda salah satu penggemar sejati jengkol, kali ini akan kita bagikan cara membuat masakan berbahan dasar jengkol, untuk itu mari kita simak resepnya di Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia yang berikut ini.

Bahan-bahan untuk Membuat Semur Jengkol :
  • 1 ons Biji Jengkol 
  • 2 sdm Minyak goreng (untuk menumis)
Bumbu-bumbu untuk Membuat Semur Jengkol :
  • 3 Bawang merah (utuh)
  • 2 cm Jahe
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 sdm Kecap
  • 1 sdt Lada
  • Garam secukupnya
Semur Jengkol Special


Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia :
  1. Bersihkan jengkol, kupas kulit ari nya, lalu belah dua, dan rebus hingga matang.
  2. Buanglah sisa air untuk memasak, biji jengkol kembali dicuci.
  3. Haluskan bumbu-bumbu selanjutnya tumislah dengan minyak goreng.
  4. Masukkan jengkol lalu tambahkan sedikit air, tambahkan kecap secukupnya, lalu direbus hingga matang.
  5. Setelah dirasa matang, angkat jengkol masukkan kedalam piring saji.
  6. Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia siap disantap.
Tips-tips bagi penggemar jengkol dengan berbagai olahannya :
  • Konsumsilah jengkol dengan batas kewajaran (tidak berlebihan), sekalipin kaya kandungan nutrisi konsumsi berlebihan akan membuat "jengkolan" yaitu penumpukan kristal di saluran urin.
  • Selain nikmat jengkol mempunyai kelebihan lain pada "bau" nya, pengolahan yang tepat mengurangi efek dari baunya (perendaman atau perebusan yang baik bisa mengurangi efek bau tidak sedap).
  • Ingat baunya tentunya juga harus ingat tempat buang air kecil yang tepat (jangan sembarangan)
  • Siramlah dengan banyak air, atau jika perlu beri sabun air untuk menyiram.
Nah mudah bukan? Ingat ya jangan cuma mau enaknya tapi jaga juga prilaku agar tidak mencemari lingkungan atau rumah anda dan kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba dan berkreasi.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments