Header Ads

Cara Optimasi Website Untuk Mesin Pencari

Cara Optimasi Website Untuk Mesin Pencari


Cara Optimasi Website Untuk Mesin Pencari


Sudah sering kita mendengarkan tentang istilah dari optimasi website untuk mesin pencari, dalam kaitan hal ini memang optimasi adalah salah satu hal sebagai pedoman dasar untuk SEO website atau blog. istilah optimasi merupakan salah
satu kata yang harus kita usahakan atau di upayakan untuk tujuan tertentu. namun
kali ini kita membahas tentang bagaimana cara optimasi website untuk mesin
pencari. hal ini sangat penting sebab untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung
dari lalu lintas mesin pencari salah satu cara adalah dengan optimasi website. pasti
anda sudah sering mendengar kata SEO ? iya seo adalah search engine optimisme
→ rujuk tentang arti seo. yang di sebut-sebut untuk salah satu cara agar blog atau
website bisa dijangkau oleh pengguna internet. dalam kaitan hal ini saya berbagi
pengalaman tentang optimasi website untuk mesin pencari, supaya website anda
yang kini belum menjangkau semua pengguna internet kini bisa terjangkau.

berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan optimasi website untuk mesin pencari.



LANGKAH UNTUK OPTIMASI WEBSITE
MELUANGKAN WAKTU UNTUK MENULIS DAN BERBAGI

Yang harus anda lakukan pertama adalah menulis konten atau artikel. dalam hal ini konten adalah raja dan kedudukan konten masih nomor satu untuk mesin pencari dan pengguna. bila anda sekarang ini masih belum optimasi website dengan konten kini saatnya anda untuk menulis untuk website anda. sampai kapan pun itu konten adalah raja, hal yang harus anda lakukan setelah publikasi konten adalah:

Mengirim artikel konten ke media sosial seperti twitter, facebook dan google plus.
media sosial ini adalah ladang untuk menarik pengunjung ke halaman website anda dan ini merupakan langkah mudah untuk optimasi website.

Mengirim Konten ke Sosial Bookmark adalah langkah yang kedua bisa anda lakukan, banyak sekali sosial bookmark yang bisa anda gunakan. misalnya Delicious, Digg dan masih banyak lagi, jangan lupa untuk mengirim ke sosial bookmark lokal. ini salah satu cara optimasi website.

Menulis konten yang unik dan fresh adalah salah satu cara optimasi website untuk mesin pencari. usahakan dalam menulis mempunyai judul yang relevan, keyword yang potensial dan atribut alt dalam gambar. sebagai salah satu langkah menerapkan optimasi seo onpage.


BANGUN LINK BUILDING

Untuk yang kedua adalah menerapkan masalah link building. dalam hal ini membuat backlink berkualitas sangat disarankan untuk optimasi website. tujuan dari hal ini sebagai salah satu bentuk bahwa halaman anda mempunyai website yang saling terkait dari satu halaman ke halaman lain. dan hingga kini link building adalah salah satu cara untuk membangun strategi seo.

Untuk membangun link building yang baik seharusnya anda memperhatikan tentang link yang akan anda tanam, sebab banyak sekali website yang menggunakan teknik link building yang tidak relevan sehingga malah memperbutuk website mereka.

untuk membangun link building silahkan baca strategi link building yang paling aman.


MEMBUAT INTERNAL LINK

Internal link atau anchor teks adalah salah satu cara optimasi website untuk mesin
pencari, fungsi dari internal link sendiri sangat banyak, selain mudah untuk menunjukkan pengunjung ke halaman yang masih terkait dengan konten yang dibaca, internal link juga berfungsi untuk memberitahu robot bot tentang halaman yang relevan.

Internal link juga bisa merujuk ke halaman website lain, namun dalam hal ini yang harus anda lakukan adalah dengan membuat intenal link yang sangat relevan dan website tersebut harus mempunyai reputasi yang baik bagi mesin pencari. hal ini juga akan mengangkat website anda untuk menuju halaman top pencarian. jadi fungsi internel link sangat penting untuk optimasi website.


PERHATIKAN JUMLAH KATA

Dalam strategi seo jumlah kata dalam postingan sangat berpengaruh di hasil pencarian. ini hal yang selalu dilupakan oleh pemilik website, dengan banyaknya artikel yang ditulis maka akan memberikan kesempatan untuk postingan anda berada di halaman pencarian. mungkin anda sudah membaca tentang semakin banyak artikel yang kita tulis maka akan meningkatkan kueri pencarian. ini sudah terbukti bahwa dengan memperkaya artikel maka kesempatan untuk menjadi top rank adalah dengan banyaknya kata dalam penulisan artikel.

Jumlah yang di rekomendasikan untuk optimsi website dalam kategori penulisan konten meinimal 300 kata untuk sekarang ini, yang berarti bila anda sudah menulis lebih banyak lagi maka akan membuat kedudukan website anda semakin baik di hasil pencarian dan peluang untuk masuk ke halaman satu sangat banyak juga. ini yang harus anda perhatikan tentang optimasi website dalam kategori artikel seo.


HINDARI DUPLIKAT KONTEN

Duplikat konten adalah hal yang paling buruk bagi website anda. anda bisa melihat
berapa banyak duplikat konten pada website pada metrix yang ditunjukkan di webmaster. jika website anda sering menerima sinyal duplikat konten dan anda tidak menaggapi hal ini, kemungkinan besar konten yang anda tulis dengan jerih payah anda akan diturunkan dari serp. tentu hal ini tidak anda inginkan. untuk itu pastikan judul dan description selalu unik untuk menghindari duplikat konten. dan lagi-lagi ini adalah poin penting dalam optimasi website untuk mesin pencari.


OPTIMASI HALAMAN WEBSITE
JUDUL POSTINGAN

Untuk optimasi website dari dalam hal yang harus anda perhatikan adalah membuat judul postingan yang unik dengan batasan huruf hanya sampai 70 huruf saja, untuk hal ini sebaiknya anda pertimbangkan untuk membuat judul posting. untuk membuat judul postingan yang baik anda bisa merujuk pada halaman cara membuat judul postingan berkualitas. maka anda akan semakin tahu bahwa judul postingan ini sangat penting untuk artikel anda.


HEADER TAG

Untuk membuat list yang baik anda bisa menggunakan atribut tag Header seperti H1, H2, H3, H4, H5 dan seterusnya. ini akan menunjukkan pada mesin pencari tentang beberapa list yang harus mereka crawling lebih dalam untuk menempatkan pada hasil pencarian yang paling relevan. ini salah satu dari cara optimasi website untuk mesin pencari.


MENERBARKAN KEYWORD

Untuk berikutnya menebarkan kata kunci atau keyword dalam artikel anda. ini hal yang harus anda lakukan supaya mesin pencari lebih tahu tentang apa yang anda sedang bahas dalam artikel anda. hingga sekarang praktek yang terbaik selalu mengacu pada penerapan keyword density, kisaran kata kunci atau kepadatan kata kunci yang baik adalah 2% hingga 3,5% untuk mesin pencari. anda bisa merujuk ke halaman cara menerapkan kata kunci dalam postingan.


CUPLIKAN KONTEN

Cuplikan konten atau sering dikatakn meta description adalah salah satu cara untuk optimasi website pada mesin pencari. fungsi utama meta description tidak lain sebagai salah satu cara bagaimana potongan konten di tampilkan dalam halaman
pencarian. aturan seo yang harus anda terapkan untuk menggunakan meta description yang baik adalah sebanyak 156 huruf. untuk itu maksimalkan potongan description ini sebaik mungkin dan jangan lupa untuk menempatkan kata kunci di dalamnya.


MEMBUAT NAVIGASI INTERNAL LINK

Setiap halaman website anda harus berisi link ke setiap halaman lain sehingga spider mesin pencari dapat menemukan setiap halaman dalam website anda yang lain. Ini merupakan langkah penting untuk pengindeksan yang tepat peringkat halaman anda dan ini harus anda lakukan untuk optimasi website.


MEMILIKI PETA SITUS / SITEMAP XML FORMAT

Sangat penting untuk menggunakan 2 peta situs untuk website anda yakni versi XML dan versi statis. Versi XML dapat dibuat oleh generator sitemap tool seperti http://www.xml-sitemaps.com . dan sitemap ini kemudian harus diserahkan ke Google Webmaster Tools untuk situs tersebut. Hal ini akan membantu robot bot dalam merayapi website anda. dan untuk versi statis anda harus membuat halaman HTML yang berisi link ke setiap halaman. selain itu anda juga harus mencantumkan sitemap xml pada file robot text. ini merupakan langkah terakhir untuk optimasi website.

Itulah langkah-langkah optimasi website untuk mesin pencari. panduan ini ditujukan untuk anda yang ingin mengenal dan menerapkan langkah tentang optimasi seo untuk website. jika anda kesulitan dengan apa yang saya sampaikan anda bisa bertanya langsung dengan saya melalui email team@seopenulis.com dengan senang hati saya akan menjawab pertanyaan anda. semoga artikel tentang optimasi website untuk mesin pencari ini memberikan manfaat untuk anda.



Buka juga :

Post a Comment

0 Comments