Header Ads

Pompa Air Jet Pump dan Kontruksinya

 Pompa Air Jet Pump dan Kontruksinya


Pompa Air Jet Pump dan Kontruksinya


Pompa Air Jet Pump dan Kontruksinya. Gambar di atas adalah kontruksi atau instalasi sumur dalam, atau kita biasa menyebutnya jet pump, seperti kita ketahui, kedalaman pompa jenis ini bisa mencapai lebih kurang 20-30 meter, dengan debit air yang cukup besar dikarenakan kontruksi dan komponen pada jet pump berbeda dengan pompa sumur dangkal atau semi jet pump.

Pada jet pump memiliki dua saluran pipa yang dimasukan kedalam tanah atau sumur, pertama adalah saluran atau pipa tekan, dengan ukuran 1 inch dan kedua adalah pipa hisap dengan ukuran 1,25 inch sedikit lebih besar dari ukuran pipa tekan.

Selain itu pada kontruksi jet pump, ada yang dinamakan ejector atau yang kita kenal dengan istilah mata jet, yang dipasang pada ujung saluran yang menghubungkan antara pipa tekan dan pipa hisap untuk menghasilkan debit air yang cukup besar.

Kemudian ada juga check valve yang dipasang sebelum mata jet, check valve adalah sebuah katup satu pintu yang hanya bisa masuk dan tidak bisa keluar, sehingga saat pompa sedang tidak digunakan air tidak turun kebawah. ( naik bisa turun tidak bisa ).

Untuk mesin penghisap atau pompa, pada jenis ini adalah khusus, yang memiliki dua lubang yang satu untuk pipa tekan dan yang satu untuk pipa hisap, dilengkapi dengan tabung yang cukup besar pada saluran keluaran, selain itu umumnya pompa jetpump memiliki daya listrik lebih besar dibanding pompa sumur dangkal.


Baca juga :

Post a Comment

0 Comments