Header Ads

Pompa Air Sumur Dangkal dan Instalasi

Pompa Air Sumur Dangkal dan Instalasi


Pompa Air Sumur Dangkal dan Instalasi


Pompa Air Sumur Dangkal dan Instalasi gbr :

1. Foot valve Foot valve ini dipasang dibagian paling dasar pada instalasi pipa yang berfungsi untuk menahan air yang terkandung disaluran pipa hisap, agar air tidak turun lagi saat pompa sedang tidak digunakan, sehingga pompa tidak perlu dipancing menggunakan air saat hendak digunakan. Valve ini hanya dapat membuka saat air naik dan tertutup saat air turun, ketika pemasangan juga tidak boleh terbalik arahnya, lihat tanda panahnya. Biasanya sebelum katup ini dipasang saringan/stainer agar pasir tidak ikut masuk.

2. Pump/Pompa Pompa berfungsi untuk menghisap atau menarik air dari dalam sumur ke permukaan untuk dialirkan atau ditampung ke dalam tangki penampungan dll, daya pompa jenis ini tidak terlalu besar antara 100-125 watt, sudah dapat menghisap air dengan kedalaman sumur antara 0-7 meter.

3. Tanki Tekan Tanki tekan adalah sebuah tangki, yang terpasang satu unit dengan pompa yang berfungsi juga sebagai tempat untuk meletakan otomatis, dan tempat saluran keluaran ( discharge ).

4. Katup Searah/Check valve Fungsi katup searah adalah untuk mencegah aliran balik air dari tanki penampung atau lainnya menuju pompa, katup ini hanya mengalirkan air satu arah saja, lihat tanda panah pada body katup. Namun hal ini tidak perlu dipasang juga tidak mengapa sebab pada pompanya sendiri biasanya sudah terpasang dibagian dalam berupa karet yang akan bergerak terbuka ketika terdorong aliran air dan akan tertutup ketika ada aliran air dari lawan arah.

5. Katup/Valve Katup atau valve ini adalah berupa kran air yang dipasang horizontal guna memudahkan pada saat melakukan penutupan saluran ketika hendak melakukan perbaikan atau penggantian pompa, semacam pemutusan saluran air. Katup ini dipasang pada bagian output atau keluaran pompa yang menuju tanki penampungan.


Baca juga :

Post a Comment

0 Comments