Header Ads

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Penyebab blog sepi pengunjung - Blog yang pengunjungnya sepi tentu akan menimbulkan pertanyaan bagi si pemilik blog. Kenapa pengunjung di blog saya sepi atau bahkan tidak ada sama sekali ? apakah penyebabnya. Nah kurang lebih seperti itulah pertanyaan bagi para blogger yang mempunyai blog tetapi pengunjung pada blognya sepi. Jika pengunjung blog sepi maka hal atau tujuan yang diharapkan oleh para blogger kemungkinan akan sulit tercapai misalnya seperti menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan, jika pengunjung sepi maka tidak ada yang klik iklan, otomatis tujuan si pemilik blog pun akan sangat sulit tercapai.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung


Penyebab Blog Sepi Pengunjung


Lalu apakah penyebab blog sepi pengunjung ? Sebenarnya banyak hal yang menyebabkannya sepi. Berikut ini saya akan paparkan beberapa penyebab dari sepinya pengunjung di blog.


1. Blog masih baru

Tentu hal yang baru harus beradaptasi dulu dengan lingkungan sekitar. Sama halnya dengan blog baru, jika sobat memiliki blog baru dan pengunjung masih sedikit atau bahkan sepi itu merupakan hal yang wajar karena blog harus beradaptasi dulu dengan mesin pencari. Jadi sobat tidak usah khawatir akan hal tersebut dan perlahan seiring berjalannya waktu maka akan semakin bertambah, tetapi sesuai dengan usaha yang telah sobat lakukan untuk mendatangkan pengunjung ke blog sobat.


2. Artikel blog masih sedikit

Jika artikel pada blog sobat sedikit maka sedikit pula kesempatan orang-orang atau pengunjung membaca artikel yang ada di blog sobat. Misalkan artikel sobat baru mencapai 10 artikel, maka kesempatan pengunjung untuk membaca hanya sedikit yaitu 10 artikel saja, itupun kalau berada di halaman pertama mesin pencari, karena rata-rata pengunjung hanya membaca artikel yang ada di halaman pertama mesin pencari. Jadi perbanyaklah artikel sobat supaya banyak artikel yang akan dibaca oleh pengunjung sehingga blog sobat bisa ramai didatangi pengunjung.


3. Peringkat blog masih rendah

Ini menjadi salah satu masalah bagi para blogger. Bagaimana tidak, jika peringkat blog masih rendah maka otomatis artikel yang sudah diposting akan sulit keluar di pencarian mesin pencari. Sedangkan mesin pencari pada halaman pertama saja menyediakan sebanyak 10 artikel saja. Jika peringkat blog sobat masih rendah maka akan sepi pengunjung, jadi salah satu caranya untuk meningkatkan peringkat blog adalah dengan belajar ilmu SEO yaitu tentang cara optimasi pada blog dan agar mampu bersaing di mesin pencari.

Baca juga: Cara optimasi blog baru


4. Artikel pada blog kurang menarik

Hal ini juga menjadi salah satu faktor sepinya pengunjung pada blog sobat. Jika artikel yang sobat buat kurang menarik maka tentunya minat para pengunjung akan sedikit. Jadi pengunjung mencari artikel yang menarik untuk dibaca. Untuk itu kalau sobat membuat artikel usahakan menarik dan membuat pengunjung penasaran dengan artikel yang sobat buat sehingga mereka akan mengunjungi blog sobat.


5. Artikel blog tidak atau belum terindex

Seperti yang kita ketahui artikel merupakan komponen paling utama pada blog yang akan mendatangkan pengunjung. Namun jika blog sobat sepi atau tidak ada pengunjung yang datang, maka dapat dipastikan salah satu penyebabnya adalah belum di indexnya artikel yang sobat buat oleh mesin pencari. Jadi setelah selesai menulis artikel pastikan bahwa artikel sobat sudah bisa di index oleh mesin pencari. Langkahnya dengan melakukan optimasi pada artikel tersebut.


6. Loading pada blog berat

Salah satu faktor yang mempengaruhi optimasi SEO pada blog adalah loadingnya. Jika loading pada blog sobat berat maka pengunjung tidak akan betah dan sebelum halaman blog sobat terbuka sempurna, pengunjung sudah duluan kabur karena tidak tahan dengan loading blog sobat yang berat dan lama. Jadi utamakanlah kenyamanan pengunjung yang datang ke blog sobat.

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa blog sepi pengunjung. Mungkin jika ada salah satu dari penyebab diatas terdapat pada blog sobat, segeralah benahi supaya pengunjung pada blog sobat tetap stabil dan tidak mengalami penurunan. Sekian artikel yang dapat saya bagikan kali ini, semoga artikel yang sobat baca kali ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk sobat.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments