Header Ads

20 Buah Penambah Darah Sangat Ampuh Melawan Anemia


Buah-buahan


20 Buah Penambah Darah Sangat Ampuh Melawan Anemia


Sering mengalami pusing dan lemah? Bisa jadi sedang mengalami anemia saat ini. Bisa jadi ini dikarenakan tubuh kekurangan zat besi, kurangnya darah, serta asam folat. Ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah penambah darah. Meski saat ini tak sedang anemia, tapi buah-buahan ini bisa dikonsumsi rutin demi mencegah masalah tersebut.
Apalagi saat ini buah-buah segar begitu gampang untuk didapatkan. Tak perlu repot ke pasar atau ke mall, melalui situs online saja kebutuhan akan buah dan sayur segar dan pastinya berkualitas bisa Anda dapatkan. Terlebih buat Anda yang tak mau repot untuk mendapatkan buah penambah darah yang segar langsung dari petani, aplikasi dari online akan sangat memudahkannya.
Lantas apa saja sih buah penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah anemia ini? Yuk, cek langsung daftar 20 buah yang diuraikan pada artikel ASDZULI berikut!

1. Jeruk

Jerruk

Buah berwarna kuning ini juga jadi salah satu penambah darah. Tak hanya sayur dan buah hijau saja ya yang bisa jadi pencegah anemia, jeruk juga memiliki kandungan asam folat tinggi yang akan bantu dalam pembentukan sel darah merah baru.
Nah, buah yang kaya kandungan vitamin C ini akan membantu menyerap zat besi dalam tubuh. Tunggu apalagi? buat mendapatkan manfaat besar dari buah ini, maka Anda tinggal pesan melalui aplikasi RegoPantes saja, maka belanjaan akan langsung kirim ke rumah tanpa embel-embel ongkir.

2. Delima


Delima
Buah ini juga mampu menambah kadar darah lantaran memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu kadar asam askorbat yang terkandung pada delima dapat menaikkan zat besi untuk pembuatan hemoglobin.

3. Kurma


Kurma
Buah asal Arab ini memang dikenal sangat tahan kondisi panas. Biasa difavoritkan dan dikenal memiliki khasiat melimpah, ternyata kurma juga baik dalam mengatasi anemia. Sebab ada kandungan gizi serta zat besi yang dimilikinya.

4. Anggur


Anggur
Buah dengan ciri kecil layaknya kelereng bergerombol ini memang masuk kategori buah penambah darah. Jangan salah, meski buahnya kecil tapi memiliki kadar vitamin dan asam folat yang bagus demi mencegah anemia.

5. Apel

Apel

Siapa sih yang tak suka dengan buah apel? Buah satu ini banyak digemari oleh masyarakat luas sebagai menu andalan setiap harinya. Bahkan dijadikan satu dari sekian banyak buah yang dianjurkan untuk diet. Ditambah lagi banyak varian dari apel yang membuat orang kian tergoda memakannya.
Buah apel yang didapatkan dari RegoPantes dipastikan lebih unggul dari yang lainya. Karena bukan buah stok lama, melainkan langsung diambil dari petani, sehingga dijamin kualitasnya bagus dan fresh.
Lantas apa kelebihan apel sebagai buah penambah darah? Buat Anda yang saat ini miliki masalah dengan anemia, bisa konsumsi buah satu ini. Karena apel termasuk buah dengan sumber zat besi tinggi yang akan membantu tingkatkan kadar darah dalam tubuh.

6. Prune


Prune
Mungkin masih banyak yang asing dengan nama ini. Tapi sebenarnya ini masuk kategori buah kering. Buah prune merupakan buah prem yang dikeringkan. Kecil bentuknya, tapi manfaatnya uar biasa. Sebab memiliki kandungan vitamin C dan zat besi untuk atasi kurang darah.

7. Wortel


Wortel
Kaya akan vitamin termasuk vitamin A, wortel sering dijadikan dikonsumsi sebagai sayur ataupun jus. Nah, wortel yang juga ini ternyata akan memberikan dampak baik bagi tubuh. Kandungan vitamin A dalam wujud retinol akan membantu tubuh dalam proses penyaluran oksigen ke seluruh tubuh dan memproduksi sel darah merah.
Anda disarankan konsumsi buah berwarna orange ini seminggu setidaknya dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal. Wortel berkualitas tentu dibutuhkan dalam asupan tersebut. Maka dari itu percayakan saja dengan membeli lewat aplikasi RegoPantes atau situsnya langsung. Belanja buah dan sayur pun makin praktis dan ekonomis.

8. Persik


Persik
Meski tak begitu populer, tapi buat Anda yang sedang alami masalah anemia bisa mengonsumsiny. Sebab ada manfaat baik yang terkandung pada buah persik, seperti vitamin C dan zat besinya yang akan membantu regenerasi sel darah merah. Sehingga akan membawa pengaruh pada peningkatan hemoglobin.

9. Jambu biji

Jambu biji
Biasanya jambu biji ini dijadikan buah untuk pasien demam berdarah. Pasalnya dapat meningkatkan kadar trombosit atau keping darah. Padahal tak hanya itu saja, buah ini juga bisa menambah kadar sel darah merah. Jambu biji bisa jadi buah penambah darah yang kaya akan vitamin dan zat besi yang memegang peran penting pembentukan hemoglobin.


10. Mangga

Mangga
Wah, siapa sih yang tak suka dengan buah mangga? Buah musiman ini memiliki warna menarik saat sudah matang. Rasanya yang manis juga begitu menggoda, ditambah banyak varian yang dimiliki. Salah satu varietas yang digemari adalah mangga harum manis, lantaran memiliki ciri khas aroma yang wangi dan rasa lebih manis dari varietas lain.
Si buah mangga ini juga kaya vitamin B,C, E, dan K serta nutrisi lainnya. Bahkan vitamin ini akan membantu proses penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

11. Terong belanda


Terong belanda
Buah satu ini mungkin tak banyak yang tahu, tapi khasiatnya begitu besar buat cegah anemia. Emamng sih, rasanya terlalu asam bila dikonsumsi langsung. Pada 100 gram terong belanda ini, tersimpan zat besi hingga 0,9 mg. Jika tak suka rasanya yang asam, maka bisa menjadikannya olahan jus atau es buah.

12. Stroberi

Stroberi
Buah mungil dengan bentuk unik serta rasa asam yang kuat ini sudah jadi favorit. Bahkan tak jarang jadi campuran aneka olahan yang lezat. Kandungan antioksidan yang dimiliki stroberi ini bagus dalam pembentukan sel darah merah dan memberikan perlindungan pada sel tubuh dari terpaan radikal bebas.

13. Pisang


Pisang
Sangat disarankan buat Anda yang ingin menjaga jumlah darah dan membantu proses peningkatannya dengan konsumsi pisang. Buah yang begitu mudah ditemukan di Indonesia ini masuk kategori buah harian yang kaya zat besi untuk cegah anemia, serta kaya asam folat yang berperan penting pada pembentukan sel darah merah.

14. Kismis


Kismis
Buah penambah darah ini juga bagus dikonsumsi untuk mencegah anemia. Pada 2/3 gelas buah kering ini terdapat kandungan zat besi mencapai 2 gram. Angka yang begitu tinggi bukan? Untuk dapatkan manfaatnya, bisa mengonsumsinya dengan cara dicampur pada kue, oatmeal, atau sereal.

15. Semangka


Semangka
Buah kaya air ini memang sangat pas untuk menghilangkan dahaga. Ditambah rasanya yang manis, sudah dipastikan jadi favorit sebagian besar orang. Buah dengan bentuk besar ini memiliki kandungan zat besi tinggi, sepotong saja terdapat 1,5 gram lho. Selain itu, kandungan vitamin C yang dimiliki semangka akan bantu tubuh lebih mudah menyerap zat besi.

16. Tomat


Tomat
Kalau bicara soal tomat sepertinya buah satu ini banyak dimanfaatkan dalam harian ya sebagai buah ataupun campuran sayur. Buah satu ini bahkan juga digemari dengan dikonsumsi langsung. Bagi penderita anemia, tomat bisa dikonsumsi. Lantaran memiliki kandungan vitamin melimpah, salah satunya vitamin C yang baik untuk menyerap zat besi.
Buah yang banyak disukai ini juga tersedia lho di RegoPantes, bahkan ada beberapa jenis yang disediakan seperti tomat buahtomat beeftomat cherry, dan tomat cherry hijau.

17. Mulberi


Mulberi
Buah dengan variasi warna merah, hitam, dan putih. Fungsi yang dimiliki buah ini begitu besar bagi tubuh, salah satunya jadi buah penambah darah yang bagus buat mencegah anemia. Mulberi biasa disantap sebagai campuran oatmeal ataupun menu penutup saat makan.

18. Alpukat

Alpukat

Alpukat termasuk salah satu buah yang masuk dalam jaring menu program diet yang dianjurkan. Meski kandungan lemak tinggi dimiliki alpukat, tapi lemak tak jenuh tersebut bersifat alami yang baik bagi tubuh. Sehingga tak diragukan untuk dikonsumsi.
Salah satu alpukat yang disukai adalah alpukat mentega. Karena alpukat ini punya tekstur lebih lembut dan tak berserat, warnanya juga layaknya mentega. Rasanya juga lebih manis. Untuk mendapatkan stok alpukat mentega dengan jaminan mutu bagus maka bisa langsung pesan melalui RegoPantes karena langsung dari petaninya.
Sebaiknya tak mengabaikan manfaat buah alpukat, karena bisa bantu cegah anemia. Buah yang sering dijadikan jus ini memiliki kadar fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, serta C yang dibutuhkan tubuh.

19. Kesemek


Kesemek
Buah yang populer di Jepang ini nyatanya juga bagus buat mencegah anemia. Buah penambah darah ini memiliki kandungan zat besi tinggi serta antioksidan, vitamin C, dan beberapa nutrisi lain. Jadi jangan ragu mengonsumsinya ya.

20. Aprikot kering


Aprikot kering
Sama halnya kismis yang wujudnya berupa buah kering. Sekilas mirip kismis namun warnanya lebih terang kekuningan. Dengan konsumsi apricot sebanyak 100 gram perhari maka tubuh akan memperoleh asupan zat besi sebesar 6,3 gram.
Setelah mengetahui deretan buah penambah darah di atas, pastikan untuk tak melewatkannya sebagai menu harian agar mendapatkan manfaatnya.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments