Header Ads

10 Fakta Hari Selasa Yang Menarik Dan Mungkin Tidak Kamu Sangka

10 Fakta Hari Selasa Yang Menarik Dan Mungkin Tidak Kamu Sangka




10 Fakta Hari Selasa Yang Menarik Dan Mungkin Tidak Kamu Sangka


Hari selasa adalah hari kedua dalam sistem minggu yang dianut oleh sistem kalender standar internasional atau ISO. Sebagian besar dari kita hanya mengetahui bahwa selasa adalah hari setelah senin dan sebelum rabu dan tidak banyak yang mengetahui bahwa hari ini memiliki sejumlah fakta menarik yang layak untuk diketahui. Lantas fakta apa sajakah yang menyangkut hari selasa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Hari Paling Produktif

Jika senin dan jumat  adalah hari yang paling tidak produktif dalam satu minggu dan biasanya dipenuhi dengan rapat atau meeting, dihari selasa, produktifitas pekerja meningkat dengan drastis dan merupakan hari dengan produktifitas yang terbaik. Berdasarkan penelitian, para pekerja lebih bersemangat bekerja dihari selasa dibandingkan dengan hari lainnya. Mungkin para pekerja merasa bersemangat dihari selasa karena sudah fokus pada apa yang harus dikerjakannya ya!

2. Keberuntungan

Beberapa negara di dunia seperti Yunani dan Spanyol menganggap hari selasa adalah hari pembawa sial. Sementara di Amerika jika tanggal 13 jatuh dihari selasa maka hari tersebut dianggap paling sial jika dibandingkan dengan tanggal 13 yang jatuh dihari jumat. Berbeda halnya dengan negara tersebut, kaum Judaism atau Yahudi justru menganggap hari selasa adalah hari suci yang membawa keberuntungan. Memang hal tersebut adalah mitos tapi beberapa orang masih memperxayai hai tersebut dan menghubung-hubungkan hari selasa dengan keberuntungan.

3. Paling Dibenci Di Inggris

Entah mengapa orang Inggris tidak menyukai hari selasa dan menganggap hari selasa lebih buruk daripada hari senin mungkin karena pada hari selasa mereka sudah kehilangan memori tentang weekend yang indah dan masih bisa terkenang dihari senin.  Selain itu mereka menganggap hari selasa adalah hari kedua yang merupakan hari pecundang atau Loser sehingga mereka juga menyebutnya Luesday.

4. Orang Yang Lahir Dihari Selasa

Hari lahir seseorang konon dipercaya berpengarus pada sifatnya. Orang yang lahir dihari selasa dianggap sebagai orang yang memiliki kharisma dan pandai bergaul namun mudah terpengaruh oleh lingkungannya.  Mereka adalah pribadi yang hangat dan senang bergaul tetapi keras kepala. Kamu yang lahir dihari selasa apa memiliki sifat yang sama dengan yang disebutkan diatas? Kalau iya berarti benar ya!

5. Patch Tuesday

Apa kamu pernah mendengar Patch Tuesday? Istilah ini muncul karena dihari selasa setiap bulannya perusahaan Microsoft yang terkenal sebagai perusahaan vendor software komputer ini selalu meluncurkan produk patchnya dan akhirnya istilah ini selalu menempel pada hari selasa dibulan kedua khususnya di Amerika Serikat. Saking berpengaruhnya perusahaan ini di Amerika sampai-sampai harinya juga dinamakan sesuai dengan aktifitas perusahaan tersebut. Hebat ya!

6. Pemilihan Umum Di Amerika

Setiap negara tentu memiliki hari voting yang berbeda dan salah satu negara besar yang juga melaksanakan pemilihan umum dengan sistem voting adalah Amerika Serikat. Hari voting atau pemilihan umum di Amerika Serikat selalu dilakukan dihari selasa. Menurut sejarah, ditahun 1845 para petani Amerika setidaknya memerlukan satu hari perjalanan untuk sampai ke tempat voting dan mereka biasanya pergi dihari senin dan kembali dihari rabu untuk menjual panen ke pasar setelah melakukan voting dihari selasa.

7. Planet Mars

dalam ilmu astrologi setiap hari diwakili oleh planet-planet yang ada dalam tata surya begitu juga dengan hari selasa. Tahukah kamu bahwa kata Tuesday atau hari selasa dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani Tiw’s Day yang merupakan sebutan untuk Dewa Mars. Hari selasa dikaitkan dengan planet Mars karena tentunya hari ini dinamai sesuai dengan nama Dewa yang menaungi planet tersebut berdasarkan mitologi bangsa Yunani dan Romawi.

8. Belanja Dihari Selasa

Penggila belanja dan kamu yang hobi shopping pastinya harus tahu hari apa yang terbaik untuk berbelanja. Apakah kamu tahu bahwa hari untuk berbelanja terbaik adalah dihari selasa khususnya jika kamu ingin belanja pakaian? Kenapa bisa begitu ya? Karena dihari selasa, stock barang baru mulai dipasarkan dihari ini. Jadi jika kamu ingin mendapatkan koleksi pakaian yang terbaru datanglah untuk berbelanja dihari selasa.

9. Hari Paling Stress

Jika selama ini kita mengira hari senin adalah yang terburuk, belum tentu benar karena berdasarkan hasil riset yang diterbitkan dalam US Journal, tingkat stress para pekerja yang paling tinggi justru terjadi di hari selasa. Belum ada penjelasan yang rinci mengapa para pekerja mengalami lebih banyak stress dihari ini tapi memang demikian adanya. Mungkin karena dihari selasa para pekerja mendapatkan lebih banyak pekerjaan dan memiliki fokus yang lebih besar pada apa yang dikerjakannya.

10. Mitos Hari Selasa

Tahukah kamu bahwa menurut sebagian orang di Indonesia terutama orang Jawa, hari selasa adalah hari yang sebaiknya dihindari untuk bepergian. Pasalnya mereka menganggap bahwa hari selasa adalah hari yang membawa ketidak beruntungan. Coba saja kamu perhatikan bis atau kendaraan umum didaerah Jawa biasanya selalu sepi penumpang saat hari selasa. Memang mitos ini sudah banyak ditinggalkan karena masyarakat modern tentu tidak akan mempercayai mitos lagi tapi tetap saja ada masyarakat yang masih meyakininya.
Nah, guys itulah beberapa fakta tentang hari selasa yang mungkin tidak kamu sangka. Apa kamu tahu fakta lainnya tentang hari selasa? “Have a happy Tuesday”



Post a Comment

0 Comments